Loading...

Thursday 25th August 2016

Hi Guys and Girls,

Sejak akhir Juli kemarin pada saat pertama kali baca berita AK70, saya sudah napsu pengen cobain. Modelnya keren banget dan ukurannya yang jauh lebih kompak dibanding AK300 bikin AK70 jadi sebuah player high end yang sangat menarik buat saya.

Specnya ngga istimewa di AK70 ini (Cirrus Logic CS4398 DAC) yang secara teori berada di bawah levelnya AK300 DAC (AKM 4490 DAC). Dan memang AK70 ini diposisikan sebagai product entry level dari AK. Tapi dengan model yang cakep banget dan dilengkapi dengan USB OTG Output (untuk konek ke Mojo bisa banget pastinya via USB outputnya, dan support DSD output), ini jadi penawaran yang sangat-sangat menggiurkan buat saya.

Jujur saya bukan AK fanboy dan selalu ngerasa AK overprice untuk kualitas suara yang dihasilkannya....tapi dengan bentuknya yang super cakep.....Hate to admit, AK got me this time...:(

Yang penting selain modelnya keren, suaranya gimana?

Let's Start :

Perangkat yang saya pake sbb :

- Iriver Astell & Kern AK70

- Iriver Astell & Kern AK300

- Fitear MH334

- Fitear 006 Cable

- Chord Mojo

- Generic micro USB to micro USB (bisa beli di banyak toko gadget di 50rban aja)

Lagu yang saya pake :

- Grandmother - Rebecca Pidgeon - The Raven Album (24/96KHZ FLAC, HDTracks)

- Georgia On My Mind - Ray Charles - Ray Sings, Basie Swings (24/88.2Khz FLAC, HDTracks)

Pertama saya cobain lagunya Grandmother (Rebecca Pidgeon) di AK70....suara yang dihasilkan punya body, impact yang cukup dan vocalnya cukup mengalun. Separasi antar instrument dapat ditampilkan dengan baik, dan perpindahan instrumentnya tidak berkesan "bertumpuk" yang terlalu berlebih.

Yang bikin saya lumayan kaget di awal dengerin AK70 ini adalah qty bass yang dihasilkan lebih besar dibanding AK100-II ataupun AK120-II yang pernah saya pake cukup lama. Vocalnya Rebecca Pidgeon bisa direproduksi cukup baik dengan tekstur yang tergolong natural. Memang tidak sebersih AK120-II untuk midnya, tapi tanpa proper critical listening saya rasa reproduksi suara AK70 sudah sangat baik dan layak dibandingkan dengan DAP lain di harga sampe 10jtan.

Penasaran saya cobain lagu yang sama di AK300 (Grandmother - Rebecca Pidgeon). Kesan pertama yang saya tangkap adalah micro detail yang meningkat, depth yang jauh lebih baik dan separasinya meningkat cukup jauh. Di sini semua instrument terasa lebih lepas dan bikin suara AK70 jadi terkesan "lengket" dan dull. Vocalnya Rebecca Pidgeon bisa direproduksi lebih bersih dengan tekstur yang lebih baik dibanding AK70 (di AK70 jadi agak muddy midnya klo dibanding AK300).

Qty bass di AK300 saya rasa tidak jauh berbeda dengan AK70, tapi kualitas bassnya jauh lebih meningkat....Memang benar-benar terbukti bahwa AK300 berada di level yang lebih tinggi dibanding AK70.

Selanjutnya saya cobain di lagu Georgia On My Mind. Lagu ini adalah lagu dengan diiringi orchestra yang cukup megah dan punya technicality yang lumayan sulit karena variasi instrument dan layeringnya yang lumayan bervariasi.

Pertama saya cobain di AK70, di lagu Georgia On My Mind (Ray Charles), bobot vocal Ray Charles yang termasuk berat dapat direproduksi dengan baik....suara instrument bass punya qty yang cukup dan punya soundstage wide yang cukup. Kesan megah di lagu ini bisa ditampilkan walaupun kadang masih berasa "lengket" suaranya.

Saya cobain di AK300 di lagu yang sama (Georgia On My Mind - Ray Charles), wow....improvementnya berasa banget di lagu ini. Separasi yang jauh lebih baik, soundstage depth dan wide yang lebih baik dan yang paling kerasa ada di kesan megahnya. Di sini AK300 benar-benar menunjukkan kelasnya sebagai source yang lebih high end dibanding AK70.

Beberapa pertanyaan menarik :

  1. Kalo sudah pake iPhone ke Mojo, kemudian upgrade ke AK70/AK300 improvementnya gimana? Jauh ngga?
  2. Saya rasa improvementnya berasa, tapi buat saya pribadi improvementnya belum layak untuk dihargai 9jt lebih mahal (AK70) ataupun 12.5jt lebih mahal (AK300).
  3. Loh tapi Alvon sendiri juga punya AK70 padahal menurut dia improvementnya ngga layak dihargai semahal itu?

Buat saya pribadi, AK70 adalah player dengan build quality sangat baik, modelnya keren dan buat saya pake sehari-hari (misal lagi males bawa Mojo karena pengen yang ringkas aja) punya suara yang sudah sangat baik dibanding player lain sekelasnya.

Kalo AK70 dibanding Cayin i5 atau Onkyo DP-X1 gimana? Kan ngga beda jauh harganya?

Kalo memang kebutuhannya lebih banyak menggunakan streaming music (Apple Music, Spotify), tentunya Cayin i5 dan Onkyo DP-X1 akan lebih sesuai untuk dipilih. Karena diapa-apain streaming music jauh lebih praktis dan jauh lebih murah dibanding harus beli lagu di HDTracks atau ripping CD asli dan dicopy ke AK70.

Secara suara, AK70 berkesan lebih analog dibanding Onkyo DP-X1 (yang agak dry dan lebih berkesan digital) ataupun Cayin i5. Secara penggunaan, AK70 lebih praktis dan pada saat dibawa-bawa lebih ringkas ukurannya.

AK70 bisa untuk drive headphone full size ngga?

Kalo untuk drive HD650 pastinya masih jauh dari kemampuan optimalnya HD650....tapi klo untuk drive headphone planar portable yang high efficiency (kyk Oppo PM3, Audeze Sine), AK70 punya power yang lebih dari cukup....Untuk ke banyak IEM saya rasa outputnya juga lebih dari cukup.

Kalo dibandingkan power outputnya Mojo gimana? Mana yang lebih enak?

Mojo jauh lebih enak sih (in term of musicality, blacker background, much better instrument separation, vocal texture). SQ wise untuk Mojo di harga di bawah 10jt kayaknya masih sangat susah dilawan oleh DAP ataupun amp/dac lain di kelasnya.

Misal disuruh pilih AK70 vs player AK generasi sebelumnya (AK100-II ataupun AK120-II bekas) mending pilih mana? Harganya kan mirip-mirip juga?

Kelebihan AK70 adalah selain dia line up baru, warna suaranya jauh lebih fun dan lebih mainstream dibanding AK generasi lama. AK100-II / AK120-II bagus banget kalo koleksi musik kita kebanyakan audiophile yang butuh vocal yang mengalun dan butuh micro detail lebih baik dibanding AK70.

Untuk lagu-lagu mainstream sekarang, baik AK70 maupun AK300 punya warna suara yang lebih fun dan lebih toe tapping dibanding generasi AK sebelumnya (AK100-2, AK120-2, AK240).

Selain itu AK70 punya kelebihan utama di USB outputnya, jadi bisa konek ke berbagai AMP/DAC yang support DSD Playback dengan mudah (termasuk Mojo, Oppo HA-2 Amp, dsb).

Yang patut dijadikan catatan tambahan utama adalah, rata-rata AK100-II dan AK120-II bekas yang ada di pasaran usianya sudah di atas 2 tahun....jadi battery life dan screen lifenya harus diperhatikan juga sebelum melakukan pembelian (karena hal simple seperti penggantian baterei AK misalnya, ini ongkosnya mahal dan lama karena harus dikirim ke Korea).

NOTE : review ini dibuat berdasarkan selera saya dan telinga saya pribadi. Walaupun sudah menyertakan beberapa item sebagai pembanding, akan tetap lebih baik untuk selalu dicobain terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah pembelian. Setiap orang punya preferensi dan selera yang berbeda-beda terhadap suara.

Thanks


Jaben Crew:

JABEN.NETWORK